Tips Membuat SMM Panel Gratis Sendiri untuk Pemula

Selain menggunakan layanan dari SMM panel gratis, Anda ternyata juga bisa membuat platform sejenis dengan sangat mudah. Tidak perlu menguasai keahlian tertentu seperti pemrograman, prosesnya bahkan bisa dilakukan secara instan.


Anda hanya perlu menyiapkan beberapa komponen penting terkait hal-hal teknis yang berhubungan dengan pembuatan website. Di mana situs tersebut akan menjalankan semua layanan terkait dengan pemasaran lewat sosial media marketing.


Tips Membuat SMM Panel Gratis Berbasis Website untuk Pemula


Seperti ulasan sebelumnya, ada beberapa komponen secara teknis yang perlu Anda siapkan untuk membuat platform SMM sendiri. Mulai dari mendapatkan domain dengan ekstensi komersial, memilih layanan hosting, kemudian pasang SSL.


1. Dapatkan domain yang sesuai kebutuhan Anda


Pada tahap ini, Anda jangan sampai memilih domain yang salah atau secara penamaan terlihat kurang menjual. Ingat, tidak semua domain cocok digunakan sebagai wadah bagi layanan seperti sosial media marketing.


Sebagai contoh, lihat domain pada SMM panel gratis yang banyak tersedia di internet sebagai referensi. Beberapa kriterianya adalah memiliki kesan secara komersial, mengandung keyword untuk kebutuhan SEO, dan lain sebagainya.


2. Memilih web hosting dengan layanan yang berkualitas


Setelah mendapatkan domain yang sesuai kebutuhan, langkah selanjutnya adalah memilih penyedia hosting untuk menjalankan platform tersebut. Prosesnya kurang lebih sama seperti mendapatkan domain di atas, hanya dengan beberapa pertimbangan berbeda.


Setidaknya ada beberapa kriteria yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih layanan hosting berkualitas. Beberapa di antaranya adalah melihat performa Server sekaligus jaminan uptime-nya, harga, fitur, garansi, hingga dukungan secara teknis.


3. Konfigurasi domain serta hosting dengan enkripsi SSL


Asumsikan Anda telah mendapatkan domain serta hosting sesuai dengan kebutuhan untuk menjalankan platform sosial media marketing. Langkah selanjutnya adalah memastikan apalah konfigurasi sertifikat SLL berjalan dengan baik pada situs tersebut.


Namun jika tidak ingin repot, platform Followindo SMM Panel bisa menjadi alternatif karena semuanya telah disediakan. Anda bisa langsung menggunakan layanannya untuk memulai kampanye pemasaran tanpa harus memikirkan konfigurasi SSL.


Aspek Lainnya yang Bisa Dilakukan untuk Mendukung Kinerja Platform


Jika persiapan situs untuk menjalankan layanan sosial media marketing telah dibuat, selanjutnya adalah memperhatikan aspek teknis lainnya. Beberapa di antaranya adalah memasang script SMM, menggunakan platform, kemudian melalukan analisa rutin.


1. Beli dan gunakan script berkualitas dari vendor terpercaya


Beberapa SMM panel gratis seringkali dirancang dengan menggunakan script yang dijual bebas di pasaran. Anda juga bisa membelinya secara online di vendor-vendor tertentu, namun harus selektif agar tidak salah memilih.


Hindari godaan untuk mengunduh script-script gratis yang banyak bertebaran di internet. Selain tidak ada jaminan mampu menyediakan layanan teknis, kode-kode di dalamnya sangat rawan disusupi oleh virus hingga malware berbahaya.


2. Gunakan panel untuk melakukan kampanye pemasaran secara daring


Panel buatan Anda kini telah siap digunakan untuk aktivitas pemasaran lewat sosial media marketing. Sebagai pemilik, usahakan agar semua fitur-fitur utama di dalamnya dipahami dengan baik sehingga lebih mudah dioperasikan.


Jika masih bingung, pelajari penggunaan SMM panel gratis sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk menggunakan panel sendiri. Selain menambah pengetahuan baru secara teknis, hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk melakukan perbandingan kualitas.


3. Lakukan analisa performa secara rutin untuk mengukur kinerjanya


Tahapan berikutnya adalah melakukan analisa performa dari aktivitas pemasaran secara online lewat media sosial tersebut. Tujuannya adalah mengukur kinerjanya berdasarkan hari, minggu, bulan hingga tahun untuk mengatur KPI sebagai standar.


Menetapkan KPI secara tidak langsung dapat meningkatkan meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Hal ini dapat membantu Anda untuk terus termotivasi agar tetap rajin bekerja karena menyadari ada tujuan yang harus dicapai.


Salah satu tujuan membuat layanan sosial media marketing sendiri adalah, mendapatkan performa pemasaran sesuai dengan keinginan. Namun jika belum siap, Anda bisa memanfaatkan platform SMM panel gratis di awal-awal usaha.