Pentingnya Pengaturan Waktu Posting Untuk Social Media Marketing

Dapat dikatakan bahwa ketepatan waktu saat ini menjadi sangat penting bagi pemasar. Anda tidak hanya diharapkan untuk mengeluarkan konten baru secara teratur, tetapi Anda juga harus selalu "aktif" untuk pengikut Anda.


Anda tidak bisa selalu berharap pengikut anda pasti siap sepanjang waktu. Untuk itu anda harus memilih waktu yang tepat agar pengikut anda tahu kapan mereka bisa mencari postingan baru anda. Masalahnya; ketepatan waktu sulit dilakukan ketika Anda kekurangan sumber daya atau ketika Anda adalah bagian dari tim kecil.


Mari kita lihat beberapa ide untuk memaksimalkan jadwal dan waktu yang Anda habiskan untuk social media.


Waktu Terbaik Untuk Posting


Kapan waktu yang tepat bagi brand anda untuk berinteraksi dengan pelanggan?


Anda mungkin melihat beberapa rekomendasi waktu untuk memposting di malam hari. Tetapi jika tim Anda tidak siap untuk berkomunikasi lalu apa gunanya memposting pada waktu "pilihan" Anda?


Sebagai gantinya, coba pastikan waktu yang tepat bagi tim social media marketing anda atau pengelola komunitas Anda untuk menjawab pertanyaan seputar masalah produk saat Anda menge-tweet atau memposting. Luangkan waktu untuk meninjau waktu terbaik untuk memposting di social media. Sangat penting untuk berkomunikasi dengan komunitas anda setelah publikasi.


Ini membawa kita ke poin berikutnya. Tanggapi pertanyaan dan keluhan pelanggan secepat mungkin. Pelanggan Anda menginginkan tanggapan yang cepat. Faktanya, 47% percaya bahwa customer service yang cepat merespon adalah indikasi merek tersebut terbaik di kelasnya di social media.


Apa yang membuat merek social media terbaik di kelasnya bagi pemasar dan konsumen?


Anda tidak boleh melupakan hal-hal dasar pembangunan komunitas ini. Dibutuhkan upaya untuk memastikan bahwa percakapan atau kesempatan untuk berinteraksi tidak terlewatkan begitu saja.


Di social media, Anda mendapatkan rasa hormat sebagai brand jika customer service hadir dan berbicara kepada audiens Anda. Itulah mengapa customer service social media sangat penting bagi merek yang ingin meningkatkan kesadaran audiens. Anda perlu mengetahui bahwa kata-kata menyebar dengan cepat tentang layanan anda.


Customer service sangat penting dalam menanggapi komplain, pujian atau pertanyaan dari audiens. Bisnis tidak boleh meninggalkan pelanggan menggantung. Menurut penelitian kami, jejaring sosial adalah saluran pilihan #1 konsumen untuk bertanya atau memberikan masukan tentang hal-hal yang mereka perlukan dari layanan usaha anda. 


Anda juga harus tahu bahwa ada banyak pengguna social media yang berharap customer service menanggapi pesan mereka kurang dari 4 jam. Jadi pastikan anda bisa membentuk tim customer service yang bisa cukup memadai untuk merespon konsumen dalam rentang waktu yang tidak lebih lama dari 4 jam. Customer service yang responsif akan sangat membantu usaha anda mendapatkan pelanggan yang setia.


Selalu berusaha untuk membuat akun social media yang responsif terhadap pengguna akan membantu akun anda untuk unggul di dalam algoritma social media tersebut. Postingan anda akan lebih direkomendasikan dan anda akan mendapatkan lebih banyak lagi audiens yang berpotensi menjadi pengguna dari jasa ataupun produk anda.