Pentingnya Mengenali Audiens Dalam Social Media Marketing

Membuat asumsi tanpa dasar harus dihindari oleh seorang marketing. Hanya 55% marketing yang menggunakan data sosial untuk lebih memahami audiens target mereka, menjadikannya peluang besar bagi para pebisnis dan praktisi.


Banyak hal yang perlu Anda ketahui tentang audiens Anda untuk menentukan strategi social media marketing. Anda hanya perlu tahu di mana mencarinya. Dengan alat yang tepat, marketing dapat dengan cepat meneliti audiens mereka. Tidak diperlukan riset pasar langsung atau ilmu data. Ambil demografi media sosial hari ini. Angka-angka ini menunjukkan kelompok mana yang harus didekati merek Anda dan jenis konten apa yang akan dipublikasikan.


Berikut adalah beberapa contoh penentuan data untuk strategi social media marketing 2022 Anda:

  • Facebook dan YouTube keduanya tempat utama untuk iklan, karena sebagian basis penggunanya mempunyai penghasilan yang lebih besar.
  • Jejaring sosial teratas di antara Milenial dan Gen Z adalah Instagram dan YouTube, menandakan konten yang dinamis dan keren serta mengikuti trend terkini harus menjadi prioritas
  • Wanita jauh melebihi jumlah pria di Pinterest, dan tercatat memiliki nilai pesanan rata-rata tertinggi untuk pembeli sosial.
  • Basis pengguna LinkedIn terdidik dengan baik, menjadikannya pusat konten khusus industri yang komersil yang mungkin lebih spesifik daripada yang Anda lihat di Facebook atau Twitter.

Jangan menargetkan audiens yang terlalu luas di awal; melainkan targetkan audiens yang memang sudah siap untuk menerima penawaran anda.

Meskipun data demografis di atas memberi Anda wawasan tentang setiap saluran, bagaimana dengan pelanggan Anda sendiri? Analisis lebih lanjut perlu dilakukan sebelum Anda dapat menentukan seperti apa pelanggan sosial dunia nyata Anda sebenarnya.

Itulah sebabnya banyak merek menggunakan dasbor media sosial yang memberikan gambaran umum tentang siapa yang mengikuti Anda dan bagaimana mereka berinteraksi dengan Anda di setiap saluran.


Tapi bagi anda yang mau menargetkan audiens yang luas sebagai strategi awal untuk mempopulerkan atau melakukan brand awareness, maka anda sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakan SMM panel. Adapun SMM panel ini adalah singkatan dari Social Media Marketing Panel yang memberikan anda banyak layanan untuk pengembangan mendia social anda.


Saat ini sudah banyak pebisnis yang menggunakan social media panel atau SMM panel ini untuk mengembangkan audiens mereka secara luas. Mereka menggunakan SMM panel, karena sangat efektif dan relatif lebih murah untuk membangkitkan brand awareness dibandingkan metode yang lain.

Selain itu SMM panel akan mampu mempengaruhi algoritma social media dan memberi kesan bahwa postingan yang kita masukkan cukup populer. Hal ini akan mendorong algoritma untuk mempromosikan postingan tersebut ke lebih banyak lagi akun.


Jika anda tertarik untuk menggunakan SMM media panel dalam aktifitas social media marketing anda, silahkan membuka halaman layanan SMM panel kami untuk melihat apa saja layanan jasa yang bisa anda pergunakan.