Pentingnya Analisa Rutin Kampanye SMM

Pada titik tertentu di dalam kampanye social media anda akan diperlukan yang namanya analisa. Anda perlu melakukan analisa terhadap kampanye anda secara terus menerus untuk mengetahui mana kampanye yang memberikan kinerja yang baik dan mana kampanye yang tidak menghasilkan.


Dengan melakukan analisa secara rutin anda akan menemukan insight tentang apa yang diinginkan oleh market anda. Ini juga akan membantu anda dalam merancang kampanye yang berpeluang lebih menghasilkan dari kampanye yang anda jalankan saat ini. Selain itu analisa secara rutin juga penting untuk melihat perubahan selera pasar. Tidak selamanya kampanye yang berhasil akan terus menghasilkan performa yang sama.


Tentu saja harus diakui bahwa kampanye media sosial pada dasarnya adalah trial and error. Ini dilakukan secara berulang-ulang sambil memantau metrik yang menentukan keberhasilan kampanye anda. Dengan rutin melakukan pengamatan anda akan bisa menyadari faktor-faktor apa yang menjadi biang keladi dari gagalnya kampanye social media yang anda lakukan.


Bagian terbaik dari social media marketing adalah anda bisa selalu melakukan perubahan-perubahan kecil pada strategi anda.  Tentu saja anda harus melakukan split test agar anda bisa menyadari faktor apa yang menentukan kegagalan atau kesuksesan kampanye anda. Split test berbagai sampel iklan di media social tentunya akan memerlukan biaya. Jadi mungkin anda bisa mempertimbangkan menggunakan jasa seorang ahli untuk mengelola iklan social media anda.


Layanan jasa social media biasanya sudah mempunyai pengalaman yang cukup banyak sehingga mereka bisa lebih mudah mengambil keputusan tentang perubahan kampanye social media yang dilakukan. Mereka sudah berpengalaman dalam menggunakan copywriting, pemilihan gambar, dan juga mengetahui bagaimana menilai reaksi pasar terhadap iklan yang dipasang.


Tentunya dengan menggunakan layanan profesional anda sudah tidak perlu lagi melakukan penilaian atau analisa sendiri terhadap social media marketing yang anda lakukan. Yang menjadi masalah adalah sebagian besar pemula di dalam social media marketing tidak mengetahui berapa perkiraan biaya yang diperlukan untuk menemukan sebuah winning campaign yang bisa membuat tujuan kampanye social media mereka berhasil.


Biasanya kampanye iklan media sosial akan memerlukan biaya yang tidak sedikit, namun respon yang akan anda dapatkan sangat tertarget. Tapi untuk anda yang lebih mengutamakan untuk mendapatkan brand awareness, maka mungkin anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan layanan SMM panel. Layanan SMM panel atau Social Media Marketing Panel ini bisa memberikan anda like, subscribe, follower dalam jumlah yang besar dengan harga yang murah. Tentunya dengan mendapatkan banyak follower atau subscribe akan lebih memperluas jangkauan dari setiap postingan yang anda lakukan. Biasanya layanan SMM panel ini ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah dari anggaran beriklan untuk social media.


Biasanya penggunaan layanan SMM panel ini lebih bermanfaat untuk anda yang menargetkan brand awareness sebagai tujuan dari kampanye Social Media Marketing yang anda lakukan. Tapi tentu saja anda masih harus selalu memantau secara rutin dan melakukan analisa performa dari kampanye social media yang anda lakukan.


Dengan rutin melakukan analisa dari metrik performa kampanye social media marketing yang anda lakukan, anda akan bisa menilai sejauh mana manfaat yang anda dapatkan dari penggunaan layanan SMM panel yang anda gunakan.