Kenali Pesaing Anda Di Social Media Marketing

Kemungkinannya ada banyak pesaing Anda yang saat ini sudah menggunakan media sosial, dan itu berarti Anda bisa belajar dari apa yang sudah mereka lakukan.


Sekarang, apa yang sebaiknya anda lakukan untuk memanfaatkan gaya social media marketing dari pesaing anda? Apakah anda akan menggunakan cara yang sama atau mengembangkan cara anda sendiri?


Untuk menentukan itu ada beberapa hal yang perlu anda lakukan….


Lakukan analisis kompetitif


Analisis kompetitif memungkinkan Anda memahami siapa pesaing anda; dan apa yang mereka lakukan dengan baik dan yang tidak begitu baik. 


Dengan melakukan ini Anda akan mendapatkan pemahaman yang baik tentang apa yang diharapkan dalam industri Anda. Hal ini akan membantu Anda menetapkan target media sosial Anda sendiri.


Ini juga akan membantu Anda melihat peluang. Mungkin salah satu pesaing Anda dominan di Facebook, namun tidak banyak berusaha di Twitter atau Instagram. Anda mungkin ingin fokus pada jaringan di mana audiens masih kurang dijangkau oleh pesaing anda. Mungkin ini lebih mudah bagi sebuah bisnis baru dibandingkan mencoba berperang langsung melawan pemain besar di industri anda.


Gunakan Social Media Untuk Memantau Pesaing


Memperhatikan apa yang muncul di social media adalah cara lain untuk mengawasi pesaing Anda. Lakukan pencarian nama perusahaan pesaing, dan kata kunci lain yang relevan di media sosial. Cari tahu apa yang mereka bagikan dan apa yang orang lain katakan tentang mereka.


Dengan melakukan ini anda mungkin akan mendapakan beberapa ide gratis atau anda mungkin akan mengetahui kelemahan dari pesaing anda. Biasanya konsumen akan blak-blakan membahas hal apa saja yang tidak memuaskan mereka dari suatu produk. Begitu juga jika mereka merasa sangat terkesan akan kelebihan dari produk tersebut.


Saat Anda memantau social media, Anda mungkin melihat perubahan dalam cara pesaing dan pemimpin industri Anda menggunakan media sosial. Anda mungkin menemukan tren baru yang menarik. Atau, Anda mungkin melihat pos atau kampanye tertentu yang benar-benar tepat sasaran atau sesuatu yang sangat inovatif.


Jadi anda bisa menggunakan social media untuk menjadi sumber inspirasi untuk mengembangkan social media marketing anda sendiri.


Tentu saja anda tidak bisa mengabaikan bahwa social media juga mempunyai algoritmanya sendiri. Anda bisa memanfaatkan SMM panel untuk membuat algoritma social media ini menyukai akun anda dan mempromosikan akun anda ke audiens yang lebih luas lagi.


Bagaimanapun hebatnya konten anda jika tidak mendapatkan engagement yang baik dari market anda, maka tetap saja konten tersebut akan sepi. Di tahapan awal pengembangan akun social media anda SMM panel akan sangat membantu untuk menghasilkan engagement yang diperlukan oleh akun social media anda.


Anda bisa mendapatkan like, subscribe, komentar, dan berbagai indikator engagement lainnya dari layanan SMM panel. Ini akan mempercepat pengembangan akun social media anda.