Apa Tujuan Anda Melakukan Social Media Marketing?

Saat ini ada banyak orang yang tertarik untuk menggunakan social media untuk berbagai keperluan. Tentu saja ini adalah fenomena yang menarik, oleh karena banyak aktifitas manusia yang sekarang dilakukan di dunia digital.

Dari data yang kami miliki, ada dua tujuan yang paling umum dimiliki oleh pengguna social media. Yang pertama adalah untuk ikut aktif di dalam sebuah komunitas, dan yang kedua adalah untuk meningkatkan brand awareness untuk suatu produk atau jasa.  Ada juga yang melakukan ini untuk menaikkan popularitas pribadi dan mencari banyak follower.


Oleh karena semakin banyak orang yang aktif di sosial media, maka sudah tentu nilai komersil dari sosial media pun meningkat. Di balik setiap akun yang aktif di sosial media ada orang-orang yang mempunyai berbagai kebutuhan. Oleh karena itulah dunia marketing pun merambah masuk ke dalam social media.

Sejak beberapa tahun yang lalu ada semakin banyak pebisnis yang memanfaatkan sosial media untuk menjangkau calon konsumen potensial mereka. Mereka juga membangun fanpage dan berbagai media lainnya untuk mengumpulkan dan membangun sebuah komunitas yang terkait dengan bisnis mereka.

Hal inilah yang membuat pengetahuan yang kita kenal sebagai Social Media Marketing berkembang dari tahun ke tahun. Social media marketing ini adalah suatu bentuk pengetahuan tentang cara-cara pemasaran yang efektif di social media.

Adapun hal paling pertama yang perlu anda lakukan pada saat akan melakukan kampanye social media marketing adalah menetapkan tujuan utama dari aktifitas social media tersebut. Jika anda tidak menentukan tujuan utama dari aktifitas social media marketing yang anda lakukan, maka bisa jadi anda tidak akan melakukannya secara efisien.


Berikut ini adalah beberapa tujuan dari aktifitas Social Media Marketing yang paling umum kita temui…


  1. Pertama, untuk meningkatkan brand awareness. Ini berarti memasyarakatkan nama produk atau layanan anda di masyarakat umum. Untuk menciptakan brand awareness yang autentik dan langgeng, hindari hanya memublikasikan pesan promosi. Usahakanlah untuk menekankan pada pemberian hal-hal yang menarik atau bermanfaat bagi komunitas yang terkait dengan usaha anda. Semakin bermanfaat laman social media yang anda bangun, maka akan semakin loyal juga komunitas yang terbentuk.
  2. Kedua, untuk menghasilkan lead dan penjualan. Baik secara online, atau offline, atau langsung melalui profil sosial Anda, pengikut anda tidak akan melakukan pembelian secara tidak sengaja. Mereka akan membeli produk atau jasa anda jika mereka bisa menemukan manfaat dari produk atau jasa tersebut untuk mereka. Jadi anda bisa menggunakan halaman-halaman social media untuk melakukan edukasi kepada komunitas anda tentang manfaat dan kualitas dari produk ataupun layanan anda. Tentunya ini akan berujung pada meningkatnya lead atau penjualan anda nantinya.
  3. Ketiga, memperluas jangkauan konsumen yang dilayani. Semakin bermanfaat postingan-postingan yang anda buat di sosial media akan mendorong komunitas anda untuk membagikan postingan-postingan tersebut. Hal ini tentunya bisa mengarah ke semakin banyaknya orang yang melihat halaman-halaman social media anda. Jadi komunitas yang menjadi target dari aktifitas brand awareness yang anda lakukan tadi akan semakin luas.
  4. Keempat, mendapatkan trafik yang lebih besar untuk website anda. Tentunya anda sudah tahu bahwa trafik itu bukan hanya dari mesin pencari seperti Google saja. Anda juga bisa mendapatkan trafik dengan membagikan tautan anda di social media. Anda bisa membagikan halaman-halaman website dari produk anda, ataupun halaman-halaman yang berisi tips yang bermanfaat bagi komunitas usaha anda.

Apapun tujuan dari aktifitas social media marketing anda di Internet; kami sangat merekomendasikan anda untuk menggunakan Social Media Marketing Panel atau yang biasa kita singkat SMM panel. Ini adalah layanan jasa untuk semua kebutuhan social media anda.


Kenapa anda memerlukan SMM panel? Karena bukan hal yang mudah untuk membangun social media yang populer. Anda bisa mempercepat prosesnya dengan menggunakan layanan SMM panel. Layanan ini memberikan anda bantuan untuk mempercepat pertambahan follower ataupun subscriber dari akun social media anda.